Mengenal Stuxnet Lebih Dekat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah virus komputer yang dirancang untuk menyerang sistem industri muncul secara luas. Fasilitas nuklir di Iran diduga salah satu target serangan virus tersebut. Hal tersebut mengindikasikan adanya campur tangan suatu negara atau lembaga berdana besar untuk menyusup sistem keamanan nasional negara lain.

Stuxnet disebut-sebut para pakar keamanan sebagai bentuk senjata cyber yang menjadi sarana terorisme di dunia maya. Serangannya tidak hanya mencuri informasi di komputer korban, namun mengambil alih sistem kontrol berbasis mesin.
Sampai saat ini belum diketahui siapa di balik Stuxnet ini. Berikut adalah beberapa informasi mengenai sepak terjang Stuxnet.

Bagaimana Stuxnet Bekerja?

- Virus itu adalah perangkat lunak berbahaya, atau malware, yang umumnya menyerang sistem kontrol industri yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Siemens. Para ahli mengatakan virus tersebut dapat digunakan untuk mata-mata atau sabotase.
- Siemens mengatakan malware menyebar melalui perangkat memori USB thumb drive yang terinfeksi, memanfaatkan kerentanan dalam sistem operasi Windows Microsoft Corp.
- Program serangan perangkat lunak Malware melalui Sistem Supervisory Control and Data Acquisition, atau SCADA. Sistem itu digunakan untuk memonitor pembangkit listrik secara otomatis – dari fasilitas makanannya dan kimia untuk pembangkit listrik.
- Analis mengatakan para penyerang akan menyebarkan Stuxnet melalui thumb drive karena banyak sistem SCADA tidak terhubung ke Internet, tetapi memiliki port USB.
- Sekali saja worm menginfeksi sebuah sistem, dengan cepat dan membentuk komunikasi dengan komputer server penyerang sehingga dapat digunakan untuk mencuri data perusahaan atau mengendalikan sistem SCADA, kata Randy Abrams, seorang peneliti dengan ESET, sebuah perusahaan keamanan swasta yang telah mempelajari Stuxnet.

Siapa Penciptanya?

- Siemens, Microsoft dan para ahli keamanan telah mempelajari worm dan belum menentukan siapa yang membuatnya.
- Mikka Hypponen, seorang kepala penelitian pada perusahaan perangkat lunak keamanan F-Secure di Finlandia percaya itu adalah serangan yang disponsori oleh suatu negara. Stuxnet sangat kompleks dan “jelas dilakukan oleh kelompok dengan dukungan teknologi dan keuangan yang serius.”
- Ralph Langner, ahli cyber Jerman mengatakan serangan dilakukan oleh pakar yang berkualifikasi tinggi, mungkin negara bangsa. “Ini bukan peretas yang duduk di ruang bawah rumah orang tuanya. Pada website-nya, www.langner.com /en/index.htm, Langner mengatakan penyelidikan akhirnya “fokus” pada penyerang. “Para penyerang harus tahu ini. Kesimpulan saya adalah, mereka tidak peduli, mereka tidak takut masuk penjara.”

Di Mana Disebarkan?

Sebuah studi tentang penyebaran Stuxnet oleh teknologi perusahaan AS Symnatec menunjukkan bahwa negara-negara yang terkena dampak utama pada 6 Agustus adalah Iran dengan 62.867 komputer yang terinfeksi, Indonesia dengan 13.336, India dengan 6.552, Amerika Serikat dengan 2913, Australia dengan 2.436, Inggris dengan 1.038, Malaysia dengann 1.013 dan Pakistan dengan 993. Laporan ini terus berubah seiring penyebarannya.

Laporan Pertama

- Perusahaan Belarusia Virusblokada adalah yang pertama mengidentifikasi virus itu pada pertengahan Juni. Direktur Komersial, Gennady Reznikov kepada Reuters perusahaan memiliki dealer di Iran, dan salah satu klien dealer komputernya sudah terinfeksi virus yang ternyata Stuxnet. Reznikov mengatakan Virusblokada sendiri sudah tidak ada hubungannya dengan pembangkit listrik tenaga nuklir di Bushehr.
- Menurut juru bicara Siemens, Michael Krampe, Siemens telah mengidentifikasi 15 pelanggan yang menemukan Stuxnet pada sistem mereka, dan “masing-masing mampu mendeteksi dan menghapus virus tanpa membahayakan operasi mereka.”

source: http://www.pltik.undip.ac.id/

9,839 Comments »

  • Hi, i think that i saw you visited my site so
    i came to “return the favor”.I am trying to find things to improve my website!I suppose its ok
    to use a few of your ideas!!

  • Just what sort of vicarious thrill or identification those white lovers got from chanting along with Fuck tha Police” is a complicated question much discussed by music critics and hip-hop scholars, and not one this picture even tries to address.

    Here is my web blog; straight outta compton streaming (http://straightouttacomptononline.com)

  • video melayu says:

    Very shortly this site will be famous among all blogging users, due to it’s pleasant posts

  • p16050233 says:

    chicas segun leo nadie a probado el dove pure asique les contare mi experiencia!
    compre el dove en spray porque ese formato estaba en oferta yo transpiro ( no
    tengo la suerte de la renata jajaj)nada heavy pero si no me pongo
    desodorante andamos mal jajaja dia1: durante el
    dia bien pero al final algo de olor, el resto de
    los dias me ponia desodorante despues de ducharme y al rato me
    abandonabaaa jjajaj tenia que andar con el en la cartera y aplicarme
    2 0 3 veces al dia sino todo mal, demas esta decir que al ponerme tantas veces al dia me duro poquisimo
    y ya se me acabo! de todas maneras me interesa probar otros formatos de el mismo (
    roll on o barra) quizas sean mas efectivos porque de todas maneras
    no dejan de ser atractivas sus cualidades jajaj

  • What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely helpful and it has aided me out loads.
    I am hoping to contribute & assist different customers like its aided me.
    Great job.

  • Adidas Nmd R1 Runner Pk White Grey

    E-NEWS » Mengenal Stuxnet Lebih Dekat

  • a says:

    Hi to every one, it’s genuinely a pleasant for me to pay a visit this
    website, it includes useful Information.

  • Your way of explaining everything in this article is really
    pleasant, every one be capable of simply be aware of it, Thanks a lot.

  • Real Estate says:

    It’s nearly impossible to find well-informed people
    about this subject, however, you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply